Peran Seorang Pengusaha Dalam Majunya Sebuah Negara

Peran Seorang Pengusaha Dalam Majunya Sebuah Negara

Dalam suatu negara, maju tidaknya negara tersebut, tolak ukur yang dipakai biasanya adalah ekonomi. Bila ekonomi di negara tersebut baik, maka negara tersebut dapat dikatakan maju.

Peran seorang pengusaha disini tentulah sebagai seorang pemain dalam laju bisnis dan perdagangan.

Dalam suatu negara dibutuhkan pula pengusaha yang menekuni beraneka ragam usaha disetiap sektor, agar setiap sektor tersebut semakin maju. Akan tetapi secara keseluruhan di setiap negara haruslah memiliki berbagai macam pekerjaan. Kita singgung Indonesia, di Indonesia pembagian pekerjaan kurang merata. Para lulusan muda lebih dominan ingin menjadi pegawai negeri. Karena kebanyakan suka yang pasti-pasti saja, katanya. Pasti sih pasti kalau lulus murni, tapi kalau lulusnya pakai pelicin bagaimana? Disinilah letak paradigma kaum muda Indonesia yang salah.

Padahal kalau jadi seorang pengusaha, yang namanya saja "Pengusaha" dan pasti harus diusahakan dan kalau tekun pasti berhasil, bahkan bisa kaya raya. Dibandingkan pegawai negeri yang jaginya atau upahnya itu dipatok pada angka tertentu.

Karena banyak yang sudah menjadi pegawai negeri, tapi ingin kaya akhirnya korupsi deh. Memang tidak di institusi negeri saja tapi di swasta juga ada korupsi. Tapi kakau di institusi negeri pasti dampaknya lebih luas dan menyeluhuh.

Tapi syukurlah belakangan ingin banyak bermunculannya para motivator-motivator bisnis di seluruh Indonesia, yang dampaknya menunjang pertumbuhan pengusaha di Indonesia. Para motivator bisnis ini menanamkan pola pikir berbisnis lebih baik daripada  menjadi seorang pegawai, apalagi pengangguran. Tidak hanya itu mereka berbagi ide-ide bisnis yang membuat para peserta seminar yang di bawakannya menjadi lebih yakin untuk berbisnis dan menjadi pengusaha. Bahkan beberapa motivator menawarkan suatu prospek bisnis dan mengajak peserta untuk menjadi rekanan. Secara langsung itu dapat mengubah para orang yang tadinya salah paradigmanya akan bisnis, dan memandang untuk menjadi pengusaha sangat sulit. Akan berubah menjadi lebih optimis untuk berusaha.

Selanjutnya kita singgung negara tetangga Singapura, dengan sumber daya alam yang sangat minim tapi dapat menyejahterakan rakyatnya. Letak kelebihan mereka adalah sumber daya manusianya yang melek akan dunia usaha, ditambah baiknya susunan perundang-undangan tentang dunia usaha disana, yang membuat para pengusaha domestiknya maupun mancanegaranya merasa aman. Dibandingkan dengan Indonesia yang kalau ingin mengurus apa-apa ada uang kutipannya atau pungutannya. Oleh karena itu Warga Negara Indonesia perlu melakukan sangat banyak pembenahan, jangan hanya menyalahkan pemerintah saja, tapi juga harus sadar akan diri sendiri.

Pemerintahan di negara tetangga ini sangat mendukung yang namanya usaha, disana diadakan kampanye untuk mengundang para investor dari luar untuk menanamkan modalnya. Tentu saja ini berakibat tumbuh pesatnya bisnis disana dan juga berakibat majunya sektor ekonomi, yang menjadi tolak ukur negara maju atau tidak. Padahal usaha di negara tetangga ini sangat dominan di sektor jasa semua, mulai dari pelabuhan, asuransi, perbankan, hingga menjadi layanan pusat transaksi data dan jaringan di Asia tenggara.

Dari paparan diatas serta perbandingan negara kita dengan negara tetangga (Singapura), maka kelihatanlah pentingnya peran seorang pengusaha dalam memajukan sektor ekonomi sebuah negara. Oleh karena itu peran pengusaha sangatlah penting. Dari sebuah badan usaha yang maju imbasnya sangat berpengaruh terhadap lingkungan sekitarnya, misalnya sejahteranya seluruh karyawan, ditambah lagi bila usaha berkembang dan pendapatan meningkat, maka pajak yang diberikan kepada negara pun semakin meningkat. Sehingga peran pajak sebagai pemerataan pembangunan menjadi lebih dominan dirasakan oleh seluruh warga negara tersebut sehingga tidak terjadinya kesenjangan ekonomi dan negara tersebut maju merata ekonominya.

Bagikan artikel ini

Advertisement

0 comments:

Post a Comment

Tuliskan komentar, kritik, saran, serta pertanyaan anda!