Resep Pembuatan Emping Melinjo

Resep Pembuatan Emping Melinjo

Pendahuluan
Emping Merupakan makanan ringan, yang rasanya gurih dan nikmat. Emping juga sering dijual orang dalam kemasan plastik kecil atau besar, baik mentah maupun masak. Emping berasal dari biji melinjo yang sudah tua.

Untuk itu kita akan mencoba membuat emping, sebagai salah satu upaya untuk menambah keterampilan kita.


Alat :
  • Pisau
  • Kuali
  • Sudip (serokan)
  • Martil (batu)
  • Kantung plastik untuk pengemasan

Bahan – bahan :
  • Melinjo yang sudah tua (berwarna kuning atau yang lebih baik manggunakan yang sudah merah)

Cara Membuat
    1. Pertama – tama adalah pemilihan buah melinjo. Pilihlah buah melinjo yang       sudah tua dan matang. Hal ini dapat ditandai dengan warna kulit melinjo yang berwarna merah tua dan sudah lembek.
    2. Kupas kulit buah melinjo, dengan cara memijit kulitnya dengan tangan atau dengan pisau.
    3. Biji melinjo yang sudah bersih dari kulitnya direbus atau disangrai baik dengan pasir atau tidak, untuk memudahkan pelepasan kulit biji dari biji melinjo. Yang paling baik adalah rangrai.
    4. Dalam keadaan panas kulit biji dipukul/ditumbuk agar kulit bijinya terkelupas.
    5. Pipihkanlah biji melinjo tersebut dngan menumbuk/memukul biji melinjo dengan martil di atas batu yang telah dilapisi plastic.
    6. Selanjutnya adalah pelepasan emping dari batu yang telah dilapisi plastic tadi dengan menggunakan tangan atau susuk. Harus hati – hati agar emping tidak robek atau cacat.
    7. Setelah itu dilakukan penjemuran. Artinya biji melinjo yang sudan pipih dijemur dibawah sinar matahari sampai kering.
    8. Tahap pekerjaan berikutnya adalah pengemasan. Emping yang sudah jadi dapat dikemas dakan plastik atau tempat tertentu lainnya.   

Bagikan artikel ini

Advertisement

0 comments:

Post a Comment

Tuliskan komentar, kritik, saran, serta pertanyaan anda!